Karya Ilmiah

10 November di Mata Pelajar

10 November?

Apakah anda tau mengetahui peristiwa yang terjadi ketika tanggal 10 November? Yaa pasti

10 November memiliki arti yang sangat dalam bagi perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia,tiap tahun bangsa indonesia memperingati dan mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berkorban segalanya dan bahkan rela mengorbankan nyawa demi bangsa Indonesia.Semagat Patriotisme mereka tak dapat di ragukan lagi,yang patut kita ragukan adalah patriotisme para pejabat di negeri ini.

Peristiwa 10 adalah peristiwa sejarah yang begitu penting bagi kemerdekaan indonesia,pertumpuran yang berlangsung antara bangsa indonesia melawan belanda ini sangat sengit karena arek suroboyo dengan persenjataan yang sangat sederhana berhasil memukul mundur tentara belanda dan menewaskan banyak tentara dan bahkan brigadir jendaral mallaby

Dan mungkin bila kita bisa sedikit berpikir dan kembali ke masa peristiwa 10 November itu, banyak sekali kenangan yang dapat kita peroleh dari perjuangan pahlawan-pahlawan kita saat memperjuangkan bendera merah putih dari tangan para penjajah Belanda yang ingin kembali berkuasa di negara kita ini dengan semangat kemerdekaan yang baru saja diraih Bangsa kita waktu itu.

Kejadian yang dimulai saat sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.Ch. Ploegman pada sore hari tanggal 18 September 1945, yang bertepatan pukul 21.00 yang mengibarkan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru), tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya, di tiang pada tingkat teratas Hotel Yamato, sisi sebelah utara. Keesokan harinya para pemuda Surabaya melihatnya dan menjadi marah karena mereka menganggap Belanda telah menghina kedaulatan Indonesia, mereka hendak mengembalikan kekuasan kembali di Indonesia, dan melecehkan gerakan pengibaran bendera Merah Putih yang sedang berlangsung di Surabaya.

Ini membuat para pemuda dan tokoh-tokoh keerdekaan di Daerah Surabaya menjadi marah dan akhirnya mngadakan perlawanan ke markas mereka di Hotel Yamato. Peristiwa ini menjadi salah satu sejarah penting bagi bangsa tercinta kita. Bagaimana tidak, ratusan hingga ribuan pahlawan terbunuh akibat peristiwa ini.

Tapi, bagaimana cara kita sebagai pelajar indonesia yang baik agar dapat meneladani semua perjuangan pahlawan kita itu. Tentu bukan dengan ikut memerangi musuh-musuh dan berperang dengan senjata tempur. Namun, dengan selalu belajar dan berprestasi di tujuan kita sebagai pelajar ialah menjadi yang trbaik bagi negara dan terus memajukan Indonesia di dunia sebagai negara yang penuh dengan keluasan ilmu pengetahuan dari pikiran-pikiran kita sebagai penerus tanah air kejayaan dan kemerdekaan Indonesia.

Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker