Kegiatan
Trending

Ayo Menabung di Bank

LPS Digital Camp Bandung

Menabung adalah budaya yang sudah ada di masyarakat indonesia juga di negara lainnya sejak dulu sama seperti alat tukar barang yang terus berkembang hingga saat ini adalah uang. Menabung adalah kegiatan menyimpan uang atau barang yang bernilai di tempat yang aman, ada yang menyimpannya di rumah ada juga di lembaga perbankan, koperasi atau lainnya.

Uang telah mengalami perkembangan yang cukup besar dari segi nilai dan juga material, uang yang sekarang kita pakai dan banyak digunakan adalah uang kertas tapi setiap jenis mata uang memiliki kekurangan dan kelebihan dari segi material dan nilai. Dari kekurangan itulah terus dikembangan mata uang yang memiliki banyak kelebihan minim kekurangan, hingga sekarang sudah mulai digunakan dan terus dikembangkan adalah mata uang digital.

Uang sebagai alat pembayaran memiliki peran besar dalam dunia ekonomi sehingga mempengaruhi hampir semua bidang dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Uang disetiap negara di kelola dan dikontrol oleh negara melalui lembaga seperti kementrian keuangan dan bank sentral. Umumnya 2 tipe bank yang ada yaitu bank konvensional dan bank syariah, berdasarkan kepemilikan juga terbagi 2 yaitu bank milik pemerintah dan bank milik swasta. Perbankan memiliki banyak produk yang ditawarkan ke nasabah. Di hampir semua negara dibuat lembaga yang menjamin kestabilan dan kelangsungan bank yang ada, untuk di indonesia lembaga itu bernama LPS ( Lembaga penjamin simpanan ) yang didirikan pada tahun 1998 setelah kondisi ekomoni indonesia yang krisis sehingga banyak perusahaan dan lembaga ekonomi yang tutup karenanya.

Lembaga penjamin simpanan, berpartner dengan lembaga ekonomi lainnya seperti bank indonesia, otoritas jasa keuangan (OJK), dan kementrian keuangan indonesia. Berdasarkan visinya LPS berperan sebagai lembaga yang menjamin simpanan nasabah dan menjaga stabilitas dan sistem keuangan indonesia.

Simpanan yang bisa dijamin oleh LPS hanya simpanan yang ada di bank yang diakuai oleh pemerintah, jaminan yang dimaksudkan adalah ketika bank tempat kita menyimpan uang mengalami liqiuditas atau pembekuan karena rugi atau masalah lainnya, LPS akan mengganti/mengembalikan uang nasabah secara utuh. Sehingga uang yang kita simpan di bank aman.

Untuk sekarang e-commerce dan mata uang digital yang belum terdaftar atau bukan merupakan produk perbankan belum bisa dijamin oleh LPS jika terjadi kehilangan atau kebangkrutan penyedia jasa

Jadi ada banyak keuntungan jika kita menyimpan uang di perbankan, juga skrg perbankan terus mengembangan produknya menjadi cashless.

Kemarin 31 Mei 2018 LPS mengadakan kegiatan Digital Camp bersama ayomedia network, dengan tema #ayomenabungdibank #ayomediagrup, kegiatan ini menjelaskan bagaimana kolaborasi yang bisa dilakukan antara LPS dengan menggunakan kekuatan sosial media.

Bandung 2018 , Rooftop Morning Glory Hotel Mitra

Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker