Materi Pelajar

Cara Membaca Puisi Yang Benar

Membaca puisi bisa terasa luar biasa atau terasa membingungkan bagi beberapa pembaca. Namun, jika siswa membaca puisi dengan suara keras, mempelajari konteks, belajar kata-kata yang tidak diketahui dan menafsirkan nada puisi dan tema mereka akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan lebih jelas dari teks puisi.berikut cara membaca puisi yang benar

Secara historis, puisi memiliki hubungan langsung ke musik yang dapat didengar ketika puisi itu dibacakan. cara ini memberikan pembaca dapat merasakan sajak dan irama puisi, serta nada pembicara dan suasana hati. Ketika membaca teks dengan keras, mencari kata-kata dan frase berulang yang mungkin isyarat dengan ide yang lebih luas dalam puisi itu. Juga mencari metafora dan perumpamaan yang melukis dan menggambar korelasi antara hal-hal yang biasanya tidak berhubungan.

Penelitian Konteks 
Informasi di luar puisi kadang-kadang dapat membantu pembaca lebih memahami itu. Konteks sekitar sebuah karya sastra mencakup informasi biografi penulis, sastra lain yang ditulis oleh penulis dan umum tema dan isu-isu yang dapat ditemukan dalam karyanya. Misalnya, analisis puisi “Aku ada! Siapa Anda” oleh chairil Anwar dapat sangat diperkaya dengan pengetahuan tentang kehidupan soliter dan terpencil penulis. Periode waktu dan iklim sosial dan politik di mana puisi itu ditulis juga dapat menerangi motivasi penulis serta keseluruhan pesan teks.

Mencari Kosakata Baru
Selama bacaan pertama, menandai kata-kata asing. Ketika mendefinisikan kata-kata, pastikan untuk membaca semua berbagai definisi mereka. Puisi sering bermain di beberapa penggunaan dan makna kata-kata untuk menyampaikan berbagai lapisan makna dan referensi? Benar-benar memahami diksi penulis dan pilihan frase dalam sebuah puisi membantu pembaca mengidentifikasi dan menafsirkan makna simultan dalam sebuah puisi tunggal.

Mengidentifikasi Suara Nada 
Mengidentifikasi suara dan nada dalam sebuah puisi merupakan langkah penting dalam membaca dan memahami puisi. Nada puisi adalah bagaimana puisi mengatakan apa yang dikatakannya. Ini adalah suasana puisi dan sering berhubungan dengan tema puisi itu. Contoh nada dalam sastra termasuk pesimis, sedih, optimis, paranoid, terpisah, nostalgia, harapan, tenang dan bangga. Misalnya, Langston Hughes ‘puisi “Harlem” menyampaikan nada ratapan dan bertanya-tanya melalui citra yang digunakannya.

membaca puisi
Untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi tema puisi ini, pembaca harus mencari gambar diulang dan kata-kata, nada pembicara dan rincian spesifik dan emosi dalam teks. Misalnya, puisi Dylan Thomas ‘”Do Not Go Gentle Ke Malam itu Baik” mengulangi kalimat “tidak pergi lembut ke dalam malam yang baik” dan mengungkapkan tema dari keniscayaan kematian. Contoh umum dari tema dalam puisi meliputi kematian dan berkabung, penglihatan dan kebutaan, penuaan, kelahiran kembali, pengorbanan dan cinta romantis.

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker