HOME
Home » Materi Pelajar » Ini Jenis Demokrasi

Ini Jenis Demokrasi

Posted at June 25th, 2012 | Categorised in Materi Pelajar

Di Seluruh Dunia ada banyak macam-macam demokrasi berbeda yang di laksanakan negara tertentu dan kita dapat membedakannya menjadi 3 yaitu :

1. Demokrasi langsung.pada demokrasi langsung rakyat di ikutsertakan dalam segala proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan pemerintahan di negara itu.
2. Demokrasi Perwakilan atau demokrasi tidak langsung. Demokrasi ini menjalankan sistem oleh rakyat melalui wakil rakyat yang dipilihnya melalui Pemilu. Rakyat memilih wakilnya pada saat pemilu untuk membuat keputusan politik Aspirasi rakyat yang disalurkan melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat.
3. Demokrasi perwakilan dengan sistem pengawasan langsung dari rakyat. Demokrasi ini adalah campuran anatra demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. Rakyat memilih wakilnya untuk duduk didalam lembaga perwakilan rakyat, tetapi wakil rakyat dalam menjalankan tugasnya diawasi rakyat melalui referendum dan inisiatif rakyat. Demokrasi ini antara lain dijalankan di negara Swiss.

Demokrasi

 

Apa yang dimaksud dengan referendum?

Referendum adalah pemungutan suara untuk mengetahui kehendak rakyat secara langsung.

Referendum ada 3 jenis.

1. referendum wajib, yang dilakukan ketika ada perubahan atau pembentukan norma penting dan mendasar dalam UUD (Konstitusi) atau UU yang sangat politis. UUD atau UU tersebut yang telah dibuat oleh lembaga perwakilan rakyat dapat dilaksanakan setelah mendapat persetujuan rakyat melalui pemungutan suara terbanyak. Jadi, referendum ini dilaksanakan untuk meminta persetujuan rakyat terhadap hal yang dianggap sangat penting atau mendasar.

2. referendum tidak wajib. Referendum ini dilaksanakan jika dalam waktu tertentu setelah rancangan undang-undang diumumkan, sejumlah rakyat mengusulkan diadakan referendum. Jika dalam waktu tertentu tidak ada permintaan dari rakyat, Rancangan Undang-undang itu dapat menjadi undang-undang yang bersifat tetap.

3. referendum konsultatif. Referendum ini hanya sebatas meminta persetujuan saja karena rakyat tidak mengerti permasalahannya, pemerintah meminta pertimbangan pada ahli bidang tertentu yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

dan secara modern Sistem Demokrasi juga di bagi menjadi 3 Jenis Yaitu:

Demokrasi Parlementer

Demokrasi dalam sistem parlementer, terdapat hubungan yang erat antara badan eksekutif, yaitu pemerintah, dengan badan legislatif, dalam hal ini badan perwakilan rakyat. Sementara kabinet atau dewan menteri, bertanggung jawab atas segala tindakannya kepada badan perwakilan rakyat.

Selama badan perwakilan rakyat masih memiliki kepercayaan kepada badan eksekutif, maka badan eksekutif masih mendapatkan dukungan. Jika tidak, badan perwakilan rakyat akan menjatuhkan kabinet dengan mosi tidak percaya. Dalam sistem ini, terdapat pembagian kekuasaan antara badan eksekutif dan legislatif.

Eksekutif melakukan tugasnya atas dasar-dasar yang sudah disetujui oleh legislatif. Sistem ini lahir untuk pertama kalinya di Inggris pada abad ke-18 dan ke-19. Selanjutnya, mulai digunakan di negara-negara lain dengan variasi tertentu. Contoh negara yang menganut bentuk demokrasi sistem parlementer ini adalah Belgia, Belanda, dan Indonesia.

Demokrasi Pembagian Kekuasaan

Pada negara yang menganut demokrasi dengan sistem pembagian kekuasaan, secara prinsip, badan eksekutif terpisah dengan badan legislatif. Badan eksekutif terdiri dari presiden dan dibantu oleh para kabinet yang bertanggung jawab kepada presiden, bukan pada badan perwakilan rakyat. Dengan demikian, kabinet tidak bisa dijatuhkan oleh badan perwakilan rakyat.

Dalam sistem ini, kekuasaan yudikatif juga terpisah dari kekuasaan lainnya. Dalam demokrasi ini, badan legislatif melakukan perancangan dan penetapan undang-undang. Badan eksekutif hanya penyelenggara pemerintahan dan pelaksana undang-undang, sedangkan yang menafsirkanundang-undang serta yang menyelesaikan perselisihan adalah badan yudikatif.

Tiap-tiap badan ini terpisah satu sama lain. Pembentukan badan-badan ini merupakan pilihan rakyat yang terpisah. Pembatasan kekuasaan sengaja dilakukan untuk mencegah terjadinya hegemoni kekuasaan. Persamaan derajat masing-masing badan ini merupakan upaya agar badan yang satu dapat mengawasi badan lainnya.

Amerika adalah salah satu negara yang menganut demokrasi ini. Sistem demokrasi yang sesuai dengan ajaran Trias Politika yang dikemukakan oleh Montesquieu. Kekuasaan terdiri dari tiga bagian, yaitu kekuasaan eksekutif, kekuasaan eksekutif, dan kekuasaan yudikatif.

Demokrasi Referendum

Demokrasi dalam sistem referendum, keanggotaaan badan perwakilan rakyattersusun atas hasil pemilihan umum. Badan perwakilan rakyat memilih kabinet untuk jangka waktu tertentu untuk melaksanakan kekuasaan eksekutif. Sesudah dipilih, angggota badan perwakilan rakyat tidak memiliki wewenang untuk menjatuhkan kabinet.

Ia juga diawasi oleh rakyat secara langsung dalam menjalankan kekuasannya. Pengawasan ini dilakukan dengan referendum (pemungutan suara yang dilakukan secara langsung untuk mengetahui kehendak rakyat). Ada dua jenis referendum.

1. Referendum Obligator

Referendum ini wajib dilakukan untuk menentukan berlakunya suatu undang-undang. Referendum ini yang paling utama adalah mengenai peraturan-peraturan yang berkaitan dengan konstitusi dalam suatu negara.

2. Referendum Fakultatif

Referendum ini sifatnya tidak wajib. Dilakukan jika satu waktu dalam jangka waktu tertentu, setelah rencana undang-undang diumumkan, sejumlah rakyat meminta diadakan referendum.

Dalam sistem ini, peranan partai politik tidak begitu menonjol karena kehendak rakyat dapat diketahui secara langsung dalam demokrasi. Demokrasi dengan sistem parlementer dianut oleh neraga-negara bagian Swiss yang disebut kanton.

Facebook Comments
Tags :

No comment for Ini Jenis Demokrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Ini Jenis Demokrasi

Netizen Gathering MPR

Posted at March 20, 2016

Netizen dan MPR merupakan 2 bidang yang berbeda tapi saling berkaitan dan membutuhkan, Jika merujuk pada istilah netizen adalah warga masyarakat yang sehari-hari menggunakan... Read More

Konsep dasar Sistem Informasi

Posted at October 14, 2014

Pengertian Sistem Menurut Jogianto (2005: 2) mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan... Read More

olimpiade biologi

Tips Menghadapi Olimpiade Biologi SMA

Posted at January 16, 2014

Tips Menghadapi Olimpiade Biologi SMA – olimpiade adalah sebuah ajang perlombaan di mana para peserta beradu prestasi. Maka untuk kali ini saya kan coba... Read More

Bocoran Kisi Kisi UN SMA 2014

Bocoran Kisi Kisi UN SMA 2014

Posted at January 11, 2014

Penyelenggaraan Ujian Nasional meskipun banyak kontroversi dan adanya pihak pro dan kontra diadakannya.Tapi pemerintah terus bertegas untuk melaksanakannya.Sesuai Hasil Konvensi UN yang telah di... Read More

Soal CPNS Online Terbaru dan Lengkap

Posted at October 27, 2013

Pengangguran di Indonesia Makin hari makin bertambah dan Lowongan Pekerjaan makin hari makin berkurang akibatnya LOKER atau lowongan Pekerjaan menjadi Eksklusif dan bahkan sering... Read More