Karya Ilmiah

Makalah Intrusi Air Laut

Setelah Lama Gak Update Blog rasanya Hidup gak Tenang,,dan kali ini sy akan mencoba Share Tugas Enviromental Education Pelajar Pro,Tugas Ini Udah Berbentuk Makalah yg Di dalamnya Membahas Pengetian,Teori Beberapa Ahli dan Solusi Pencegahannya.

Apa itu intrusi air laut? Dengan bahasa yang mudah,dapat dikatakan bahwa intrusi air laut berarti masuknya air laut ke daratan. Mengapa intrusi air laut bisa terjadi? Penyebab intrusiair laut adalah berkurangnya air di daratan, sehingga konsentrasi air menurun.Air yang semakin berkurang menimbulkan ruang di dalam tanah, akhirnya pori-poriatau lubang tersebut terisi oleh air laut. Itulah proses singta terjadinya intrusiair laut. 
Proses masuknya air laut ini berlangsung dengan dua cara. Yangpertama adalah dengan merembes ke dalam pori-pori tanah, sedangkan yang keduaadalah dengan naiknya permukaan air laut sehingga air tersebut mengalir kedaratan.
Kawasanpantai adalah kawasan yang secara topografi merupakan dataran rendah dandilihat secara morfologi berupa dataran pantai. Secara geologi, batuan penyusundataran umumnya berupa endapan aluvial yang terdiri dari lempung, pasir dankerikil hasil dari pengangkutan dan erosi batuan di bagian hulu sungai. Umumnyabatuan di dataran bersifat kurang kompak, sehingga potensi airtanahnya cukupbaik. Akuifer di dataran pantai yang baik umumnya berupa akuifer tertekan,tetapi akuifer bebas pun dapat menjadi sumber airtanah yang baik terutama padadaerah-daerah pematang pantai/gosong pantai. Permasalahan pokok pada kawasanpantai adalah keragaman sistem akuifer, posisi dan penyebaranpenyusupan/intrusi air laut baik secara alami maupun secara buatan yangdiakibatkan adanya pengambilan airtanah untuk kebutuhan domestik, nelayan, danindustri. Oleh karena itu, kondisi hidrogeologi di kawasan ini perlu diketahuidengan baik, terutama perbandingan antara kondisi alami dan kondisi setelah adapengaruh eksploitasi.

Bagi Temen-temen yang membutuhkan refrensi materi Intrusi Air Laut Silahkan Download  Di sini

Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker