Karya Ilmiah

Memerangi Resiko Internet

Setiap masalah ada solusinya
Pencegahan adalah resep terbaik untuk memerangi masalah. Dalam istilah internet, pengetahuan lebih efisien. Apakah kita suka atau tidak internet ? dan internet akan menjadi bagian dari kehidupan kita sehingga kita bukan menghindarinya tapi harus mencoba belajar bagaimana menggunakannya secara bertanggung jawab. Anak-anak saat ini mulai menggunakan internet dari usia empat dan seterusnya.

 

Jadi, dalam bahasa sederhana bahwa seorang anak akan mengerti kita harus mencoba dan mendidik mereka pada aspek dari setiap bahaya yang di luar sana dan mungkin mereka hadapi. Dalam usia awal penggunaan internet terbatas pada bermain game dan mungkin mengirim dan dengan bimbingan mungkin mengirim e-mail. Pada usia tujuh dan seterusnya, anak mampu menggunakan internet untuk mencari informasi, chatting dan untuk bermain game. Berbagai kegunaan memperluas dan bahaya meningkat. Dengan demikian, penting untuk mendidik anak-anak tentang bahaya internet dan memantau penggunaan mereka melalui beberapa cara.

 

Memerangi Resiko Internet

 

  1. Gunakan kontrol keamanan maksimum pada komputer yang digunakan anak-anak
  2. Gunakan program keamanan internet pada komputer mana anak-anak bisa berselancar internet.
  3. Jadilah ramah dan menjelaskan kepada mereka bahwa setiap kali mereka menghadapi sesuatu yang mencurigakan atau berbicara kepada mereka beberapa orang asing untuk menginformasikan orang dewasa segera.
  4. Mendidik anak-anak bahwa mereka tidak harus membuka email dari pengirim yang tidak dikenal dan bahkan jika mereka mendapatkan email dari seseorang yang mereka kenal dan terlihat aneh mereka harus segera melaporkannya kepada orang tua mereka.

Ajarkan anak bagaimana mengabaikan orang yang mengirimkan pesan mengganggu dan melecehkan mereka.
Memberitahu mereka bahwa yang bertanggung jawab ketika menggunakan internet berarti melindungi diri dari bahaya.
Jangan pernah mengkritik anak jika dan ketika mereka telah melanggar aturan. Hanya menjelaskan kepada mereka mengapa tidak mereka melakukannya dan membiarkan mereka tahu apa dampaknya nanti jika mereka terus melanggar aturan.
Selalu tampilkan anak-anak melakukan pencarian secara efektif dan mengajari mereka untuk menggunakan mesin yang menawarkan perlindungan (seperti pencarian Google aman untuk anak-anak).
Jangan pernah meremehkan rasa ingin tahu anak. Lebih baik menunjukkan kepada mereka apa yang ada di luar sana dan mendapatkan rasa ingin tahu mereka keluar dari jalan, daripada membiarkan mereka menjadi korban untuk belajar.
Tampilkan mereka di mana dan bagaimana mereka dapat melaporkan sesuatu yang ilegal jika mereka datang di atasnya.
Itu selalu lebih baik harus jelas dan realistis tentang situasi tanpa anak menakutkan daripada mencegah dari mengatakan kepada mereka dan mengorbankan mereka di akhir. Anak-anak saat ini mengadaptasi kemajuan teknologi dalam kehidupan mereka dengan kemudahan yang lebih besar dari orang tua. Oleh karena itu tidak berguna untuk mencoba untuk menghindari membeli komputer dan tidak membiarkan anak-anak untuk menggunakannya.

 

 

Internet adalah bagian dari hidup kita dan Adalah penting bahwa kita menunjukkan kepada mereka bagaimana menggunakan dan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab sepenuhnya daripada meninggalkan mereka sendiri. Penting bagi anak untuk memahami keseriusan risiko internet, khususnya dalam masalah mengenai pornografi anak dan pedofilia. Mungkin terdengar menakutkan untuk memiliki anak tahu syarat dan apa artinya, tapi lebih menakutkan melihat apa yang terjadi pada anak yang menjadi korban.

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker