Karya Ilmiah

Pengertian dan Jenis Karya Tulis Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah adalah Karya Tulis yang disusun dengan Sistemika Penulisan Terpola yang telah di atur serta di sepakati.Karya Tulis disusun dengan adanya tujuan untuk menjelaskan suatu permasalahan, biasanya topik yang diangkat dalam Karya Tulis Ilmiah adalah Pengetahuan Terbaru yang belum pernah Diangkat Sebelumnya dalam Tulisan, atau Topik lama yang di angkat Kembali sebagi lanjutan dan pengembangan dari peneliti sebelumnya.Karya Tulis adalah Tulisan Yang Tersusun Secara Logis dan dapat di pertanggung jawabkan kebenaranya oleh penulis karena Karya Tulis biasa disusun berdasarkan Penelitian mengenai suatu objek yang di angkat dalam Karya Ilmiah atau Karya Tulis Ilmiah.

Karya Tulis merupakan Karangan yang menyajikan fakta dan kebenaran yang di susun dari pengamatan, penelitian, kesimpulan berdasarkan metodologi penulisan.

KTI (Karya Tulis Ilmiah)

Karya Tulis Sangat Bermanfaat jika kita mengetahui Pengertian Dan sistematika Penyusunannya, Karya Tulis Ilmiah memiliki banyak Manfaat bagi Golongan Terpelajar karena Karya Tulis Ilmiah Menyajikan Fakta dan Kebenaran yang telah di teliti dan di tulis dalam sistematika penulisan.Karya Tulis Ilmiah dapat di bedakan dalam beberapa Jenis.

Jenis Jenis Karya Ilmiah sebagai berikut:

1.Laporan

Laporan adalah Jenis Karya Tulis Ilmiah yang berisi dokumentasi secara lengkap mengenai yang sedang di teliti, di kerjakan, laporan di susun dengan cara yang sangat objektif dan berisi saran.

2.Makalah

Makalah adalah Jenis Karya Tulis Ilmiah yang biasanya di susun Oleh pelajar misalnya Siswa dan Mahasiswa yang merupakan tugas mata pelajaran atau mata kuliah tertentu yang di berikan oleh guru atau dosen, yang biasanya berisi pembahasan Buku atau penelitian yang berisi pembahasan dan saran serta argument dari penulis yang kemudian akan di persentasikan dalam rapat kerja, seminar, atau simposium.

3.Skripsi

Skripsi adalah Karya Tulis Ilmiah yang di ajukan oleh mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar S1 atau Sarjana.Skripsi ditulis berdasarkan studi pustaka atau penelitian bacaan, penyelidikan, observasi, atau penelitian lapangan sebagai prasyarat akademis yang harus ditempuh, dipertahankan dan dipertanggungjawabkan oleh penyusun dalam sidang ujian.Skripsi juga menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.

4.Tesis

Tesis adalah Karya tulis Ilmiah yang yang bobot ke-ilmiahanya lebih mendetail dan dalam dibandingkan skripsi. Tesis Ditulis untuk menyelesaikan pendidikan pascasarjana S2. Dalam penulisan Tesis penulis dituntut memiliki kemampuan dalam menggunakan istilah teknis, dari istilah sampai tabel, dari abstrak sampai bibliografi. Artinya, kemampuan mandiri, meskipun di bimbing oleh dosen Pembimbing, dan dilakukan mandiri.

5.Disertasi

Disertasi adalah Karya Tulis Ilmiah yang ditulis berdasarkan penemuan keilmuan orisinil yang penulis dapat mengemukan dalil dan pembuktian berdasarkan data dan fakta valid dengan analisis terinci. Disertasi memuat penemuan-penemuan baru, pandangan baru yang filosofis, tehnik atau metode baru tentang sesuatu sebagai cerminan pengembangan ilmu yang dikaji dalam taraf yang tinggi.Desertasi di buat untuk di ajukan sebagai Syarat Mendapatkan SIII Gelar Doctor (DR)

6.Resensi

Resensi adalah Karya Tulis Ilmiah yang berisi hasil telaah, penjabaran sebuah buku. Resensi yang disebut jugatolak ukur buku atau book review yang sering disampaikan kepada sidang pembaca melalui surat kabar atau majalah ataupun blog. Tujuan resensi adalah memberi pertimbangan  dan ulasan serta penilaian secara objektif, sehingga masyarakat mengetahui apakah buku yang di resensi.

7.Kritik

Kritik adalah karya tulis ilmiah yang berisi penilaian baik buruknya suatu karya yang di amati dan jelaskan secara objektif. Kritik   mencari kesalahan atau cacat suatu karya dan juga menyebutkan kelebihan atau keunggulan karya itu.

8.Esai

Esai adalah karya Tulis Ilmiah yang tulisan dan karangan yang membaha masalah subjektif yang di tulis dalam esai yang di tulis berdasarkan pendapat penulis.

9.Artikel Ilmiah

Artikel Ilmiah adalah Karya Tulis Ilmiah yang ditulis secara khusus,ditulis berdasarkan hasil penelitian seperti skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian lainnya dalam bentuk lebih praktis. Artikel ilmiah dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Kekhasan artikel ilmiah adalah pada penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak megurangi nilai keilmiahannya. Artikel ilmiah bukan sembarangan artikel, dan karena itu, jurnal-jurnal ilmiah mensyaratkan aturan sangat ketat sebelum sebuah artikel dapat dimuat. Pada setiap komponen artikel ilmiah ada pehitungan bobot. Karena itu, jurnal ilmiah dikelola oleh ilmuwan terkemuka yang ahli dibidangnya. Jurnal-jurnal ilmiah terakredetasi sangat menjaga pemuatan artikel. Akredetasi jurnal mulai dari D, C, B, dan A, dan atau bertaraf internasional. Bagi ilmuwan, apabila artikel ilmiahnya ditebitkan pada jurnal internasional, pertanda keilmuawannya ‘diakui’.

10.Kertas Kerja

Kertas Kerja adalah karya tulis ilmiah yang bersifat lebih detail daripada makalah dengan cara penyajian data di lapangan atau kepustakaan yang bersifat empiris dan objektif.Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam. Kertas kerja ditulis untuk dipresentasikan pada seminar atau loka karya, yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. Pada ‘perhelatan ilmiah’ tersebut kertas kerja dijadikan acuan untuk tujuan tertentu. Bisa jadi, kertas kerja ‘dimentahkan’ karena lemah, baik dari susut analisis rasional, empiris, ketepatan masalah, analisis, kesimpulan, atau kemanfaatannya.

Karya Tulis Ilmiah adalah Pengetahuan Terbaru yang belum pernah Diangkat Sebelumnya dalam Tulisan,Pengertian dan Jenis Karya Tulis Ilmiah

 

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker