Materi Pelajar

Ini Penyimpangan Demokrasi

Kata “demokrasi” berasal dari Yunani Kuno yang diutarakan di Athena kuno pada abad ke-5 SM.Kerajaan tersebut biasanya dianggap sebagai contoh awal dari sebuah sistem yang berhubungan dengan hukum demokrasi modern. Namun, arti dari istilah ini telah berubah sejalan dengan waktu, dan definisi modern telah berevolusi sejak abad ke-18, bersamaan dengan perkembangan sistem “demokrasi” di banyak negara.

Sistem Demokrasi “Pancasila” adalah Sistem Demokrasi yang digunakan Oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.Sistem Demokrasi Pancasila Merupakan Penggabungan antara sistem demokrasi liberal dan sistem demokrasi terpimpin yang telah di putuskan oleh para founding father (pendiri) Negara Kesatuan Republik Indonesia yang melalui musyarah dan memutuskan bahwa ini adalah alternatif yang terbaik sesuai dengan kultur Negara Indonesia.

Meski Demokrasi Pancasila telah di sepakati menjadi sistem demorasi yang di pakai di Indonesia,tapi penerapannya blum murni dan maksimal.Ini di perkuat dengan proses perjalanan kepemimpinan di Indonesia.Ketika Masa Presiden Seokarno ia mencerminkan demokrasi terpimpin yang sangat dominan,pada masa orde baru Soeharto Demokrasi Pancasila ia gunakan menjadi jargon unuk menekan lembaga MPR dalam Pemilihan Presiden.

Penerapan Demokrasi Pancasila Mungkin Hanya Terjadi keika sidang umu MPR 1999 yang memilih dan Mengangkat Abdul Rahman Wahid ( Gus Dur ) menjadi Presiden Republik Indonesia dengan kebebasan idealisme dan tanpa adanya tekanan politik.

Pada Penerapan Sistem Demokrasi Pancasila di Era Reformasi ini sangat kental mencerminkan Demokrasi Liberal yang sangat dominan dengan Di terapkannya  Pemilu (Pemilihan Langsung Presiden) yang jelas sangat bertentangan dengan sila ke-4 Pancasila yang sebagai landasan Sistem Demokrasi Pancasila.

Kasus Penyimpangan dan Kegagalan Demokrasi Di Indonesia.

Indonesia sedang dilanda berbagai masalah yang kompleks. Sistem demokrasi yang harusnya menghasilkan masyarakat yang bebas dan sejahtera, , malah kenyataannya bertolak belakang. Berikut ini adalah beberapa fenomena kegagalan demokrasi di Indonesia.

1. Presiden tidak cukup kuat untuk menjalankan kebijakannya.

2. rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat di tengah kebebasan demokrasi.

3. tidak berjalannya fungsi partai politik.

4. ketidakstabilan kepemimpinan nasional.

5. birokrasi yang politis, KKN, dan berbelit-belit.

6. banyaknya ancaman separatisme.

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker