HOME
Home » Tips Pelajar » Tips Menghasilkan Foto yang bagus dari Kamera Ponsel

Tips Menghasilkan Foto yang bagus dari Kamera Ponsel

Posted at September 11th, 2013 | Categorised in Tips Pelajar

Saat ini perkembangan dunia photography telah di gandrungi oleh pengguna smartphone atau pengguna ponsel yang di dukung oleh makin bagusnya kualitas kamera HP yang di keluarkan oleh Produsen Smartphone sebut saja Samsung dengan produk Galaxy , Apple dengan Produk IPHONE, Nokia dengan Produk LUMIA, dan Sony dengan Produk XPERIA nya. Perkembangan Dunia Ponsel makin dahsyat dengan di keluarkannya produk berspesifikasi tinggi oleh produsen terkenal Smartphone yang di dukung oleh performa Kamera yang tidak mengecewakan bahkan ada yang mampu menyaingi hasil foto dari kamera DSLR, sekarang sudah menjadi aliran tersendiri dalam dunia photography bagi para pengguna kamera pocket/smartphone yaitu aliran Mobile Photography.

Foto Hasil XPERIA ACRO S

 Hasil Potret dengan kamera Ponsel XPERIA ACRO S

Tentu untuk menghasilkan foto yang berkualitas dengan Low Cost yaitu dengan tehnik Mobile Photography ada beberapa Hal yang perlu di perhatikan, yaitu:

1.Bersihkan Lensa Kamera

Handphone adalah perangkat yang multi fungsi jadi ponsel/smartphone sangat rawan kotor dan di tempeli kotoran2 jadi sebaiknya anda rutin membersihkan Smartphone anda khususnya Lensa Kamera Smartphone anda.

2.Stabilkan Tangan Saat Memotret

Usahakan sebisa anda untuk tidak banyak menggerakkan tangan anda ketika memotret objek dengan kamera ponsel anda, karena belum semua smartphone memiliki fasilitas image stabilizer.

3. Memanfaatkan Cahaya

Cahaya adalah elemen terpenting dalam pengambilan gambar sebuah objek, karena dengan cahaya yang cukup akan di hasilkan gambar yang berkualitas, dan usahakan ketika membuka Kamera jangan langsung memotret objek, tunggulah beberapa detik agar kamera dapat menyesuaikan white balance demi menghasilkan Foto dengan pencahayaan yang maksimal.

4.Mencoba sudut yang berbeda

Ketika telah memotret objek tapi anda belum puas dengan hasil foto anda , maka cobalah memotret objek itu dari sudut yang berbeda dan sangat di sarankan untuk mengambil gambar dari segala sudut supaya ada perbandingan dan makin banyak foto yang berkualitas.

5.Tingkatkan Resolusi

Apabila kamera smartphone anda memiliki pilihan Tingkatan Resolusi maka pilihlah resolusi yang tinggi agar gambar yang hasilkan jernih dan kualitas gambar lebih detail dan tetap tajam ketika di zoom/ diperbesar.

6.Jangan Melakukan Digital Zoom

Digital zoom memang adalah fitur kamera untuk memperdekat objek yang jauh, tapi digital zoom tidak menggunakan fokus tapi digital zoom hanya menyorot objek tertentu tanpa meningkatkan kualitas foto, jadi foto yang akan di hasilkan akan buram dan terdapat banyak noise atau px gambar pecah.

7.Gunakan Lampu Flash Seperlunya

Usahakan dalam penggunaan lampu flash pada moment tertentu saja, dan usahakan tidak menggunakan lampu flash kamera smartphone anda pada malam hari kecuali pada objek yang sangat gelap/ tanpa lampu, untuk mengakali objek foto pada malam hari yang memiliki pencahayaan yang kurang adalah menyetel ISO pada settingan kamera smartphone anda.

8.Gunakan Lensa Pendukung

Saat ini bukan hanya kamera DSLR saja yang memiliki lensa kit, tapi saat ini pengguna smart phone dapat memperoleh dengan mudah aksesoris lensa untuk smart phone nya, contohnya Lensa Fish Eye, Macro, Wide dan Lensa Zoom / Telescoope

Lensa 3 in 1lensa zoom ponsel

Lensa Macro, Wide, Fish Eye

 

Dan yang paling penting dalam tips menghasilkan foto yang bagus dari kamera ponsel dan bernilai seni tinggi adalah Rencakankan apa objek foto anda dan buatlah Planning serta Konsep Sebelum Memotret objek agar apa yang ingin anda sampaikan melalui hasil Foto anda dapat berbicara tentang apa dan bagaimana.

Semoga bermanfaat

 Lensa Telescoope 8x Zoom

1 Comment for Tips Menghasilkan Foto yang bagus dari Kamera Ponsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Tips Menghasilkan Foto yang bagus dari Kamera Ponsel

Hape 4G cocok untuk pelajar

Posted at April 17, 2016

Pesatnya perkembangan teknologi komputer yang saat ini makin bergeser ke dalam pengembangan mobile dalam hal hardware, software dan konektivitas. LTE/4G adalah generasi keempat teknologi... Read More

Aplikasi Android Pemeriksa LJK Ujian

Posted at October 30, 2015

Ujian atau Ulangan adalah salah satu metode paling umum yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman dan penguasaan siswa/pelajar terhadap... Read More

Microsoft Dreamspark Telkom University

Posted at September 26, 2015

Dreamspark adalah Program dukungan Microsoft untuk bidang Pendidikan, Microsoft Dreamspark merupakan dukungan teknis berupa pemberian akses software-software secara gratis untuk stakholder/civitas Institusi yang bertujuan untuk... Read More

Tips Mencegah Pacaran Selagi Masih Berstatus Pelajar?

Posted at March 14, 2015

Manusia tak bisa dipisahkan dengan cinta. Cinta adalah fitrah kemanusiaan, bahkan kehadiran manusia di dunia ini juga karena cinta. “Dijadikan indah pada pandangan manusia... Read More

disiplin dengan shalat

Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin

Posted at February 1, 2014

Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin – Shalat adalah hal yang di lakukan orang islam sebagai cara beribadah. Sebagai orang islam, shalat 5 waktu adalah... Read More