Materi Pelajar

7 Fungsi dan Kedudukan Pancasila Bagi Negara Indonesia

pancasilaBerikut Ini adalah beberapa fungsi dan kedudukan Pancasila Bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia:

1.Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Sebagai nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat bangsa indonesia melalui penjabaran instrumental sebagai acuan hidup yang merupakan cita-cita yang ingin dicapai serta sesuai dengan nafas jiwa bangsa Indonesia dan karena pancasila lair bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia.

2.Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Merupakan bentuk peran dalam menunjukkan adanya kepribadian bangsa Indonesia yang dapat di bedakan dengan bangsa lain, yaitu sikap mental, tingkah laku, dan amal perbuatan bangsa Indonesia.

3.Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia

Merupakan kristalisasi pengalaman hidup dalam sejarah bangsa indonesia yang teah membentuk sikap, watak, prilaku, tata nilai norma, dan etika yang telah melahirkan pandangan hidup.

4. Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia.

Untuk Mengatur tatanan kehidupan bangsa indonesia dan negara Indonesia, yang mengatur semua pelaksanaan sistem ketatanegraan Indonesia sesuai Pancasila.

5. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum bagi negara Republik Indonesia

Sebagai segala sumber hukum di negara indonesia karena segala kehidupan negara indonesia berdasarkan pancasila, juga harus berlandaskan hukum. Semua Tindakan kekuasaan dalam masyarakat harus berlandaskan hukum.

6.Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara.

Karena pada waktu mendirikan negara Pancasila adalah perjanjian luhur yang telah disepakati oleh para pendiri negara untuk dilaksanakan, pelihara, dan di lestarikan.

7.Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Dalan Pancasila mengandung cita-cita dan tujuan negara Indonesia yang menjadikan pancasila sebagai patokan atau landasan pemersatu bangsa.

itulah 7 Fungsi dan Kedudukan Pancasila Bagi Negara Indonesia yang wajib diketahui oleh seluruh pelajar dan agar dipedomani dalam kehidupan

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker