Materi Pelajar

Asal Kata Wajo

Pada Masa Lalu Wajo adalah nama kerajaan yang begitu Maju di Masanya dan kini Wajo adalah daerah Tingkat II/Kabupaten yang terletak di Bagian Tmur Provinsi Sulawesi Selatan yang Letak Ibu Kota nya di Pesisir Danau Tempe.

Setiap Kata itu Memiliki Arti, Sama juga Halnya Dengan Kata Wajo yang dijadikan Sebagai Nama Kerajaan yang sangat maju peradabannya waktu itu dan sekarang menjadi Nama Kabupaten.

Kata Wajo dipilih Pasti karena ada makna dan arti dari kata 4 huruf itu sehingga lelehur dan para pendiri kerajaan ini menjadikannya nama yang begitu sakral dan berarti luas.

Wajo-wajo atau Bayangan

Setelah Kerajaan Cinnongtabi mundur dan bubar,Hancur karena adanya dualisme kepemimpinan di Kerajaan Cinnongtabi,setelah itu terjadilah vacum of power atau kekosongan kekuasaan.selanjutnya diadakan lah pertemuan akbar yang dihadiri oleh 3 Limpo yaitu Majauleng,Takkalala,Sabbangparu yang setiap orang baik itu anak-anak,Lansia,Remaja,Dewasa datang dan Berkumpul di bawah Pohon BAJO,Pohon itu sangat besar dan lebar yang bayangannya atau wajo-wajo nya bisa menanungi seluruh orang yang datang pertumuan di tempat itu,dalam pertuamuan ini ada beberapa poin yang disepakati waktu itu yang contohnya adalah didirikannya Kerajaan yang di beri nama Kerajaan Wajo,lahirnya semboyang “Maradeka To Wadjo’E Ade’Na Nappopuang”,adanya beberapa Tingkatan Arung seperti Arung Petapulo’E yang sekarang sama Fungsinya DPR.
Wajo di pilih dan di jadikan sebagai nama Kerajaan Karena memiliki latar belakang khusus dari berdirinya kerajaan itu.Wajo berasal dari kata Wajo-wajo atau dalam bahasa indonesia adalah bayangan.

Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker