Tips Pelajar

Cara Belajar Cepat dan Efektif

Cara Belajar Cepat dan Efektif – Tiap pelajar, belajar adalah menjadi hal wajib yang harus di lakukan. Karena profesinya yang sebagai penuntut ilmu, menuntut mereka untuk terus belajar dan belajar agar dapat menyerap setiap ilmu yang di ajarkan dengan sempurna. Belajar adalah usaha yang harus di tempuh jika kalian ingin mendapat banyak ilmu yang berguna dan bermanfa’at. Karena sepandai dan secerdas apapun seorang guru dalam mengajar, jika muridnya tak mau belajar.. maka hanya akan menjadi hal yang sia-sia belaka. Karena seorang guru hanya bertindak sebagai pengarah, adapun pintar tidaknya seorang murid itu tergantung dari tekad dan kesungguhan mereka dalam memahami segala ilmu yang di ajarkan. Dan proses memahami itu dapat terjadi ketika kalian sedang belajar. Karena dengan belajr, kalian akan memiliki pemahaman yang lebih dalam sesuai porsi otak kalian. Tapi kebanyakan masalah yang di alami oleh para pelajar adalah malas untuk belajar. Bukankah hal yang lucu jika seorang yang masih berprofesi sebagai pelajar tak mau lagi belajar? Oleh karena itu, di sini saya akan sedikit berbagi tips cara belajar cepat dan efektif.

tips belajar cepat dan efektif
tips trik belajar cepat

Hafallah pelajaran sedikit demi sedikit – Tips ini terbukti sangat efektif. Karena dengan menghafal pelajaran yang kalian dapat sedikit demi sedikit, maka otak kaian akan dapat menerima tiap pelajaran dengan sempurna. Dan tak membuat otak kalian kelebihan beban jika di bandingkan langsung menghafal banyak pelajaran sekaligus. Sehingga tiap pelajran yang kalian dapat, akan tersimpan di memory fikiran kalian dengan rapi dan sempurna. Sehingga jika suatu saat kalian membutuhkanya, akan mudah kalian ingat-ingat lagi

Gunakan Singkatan yng mudah – Kalian juga dapat menerapkan metode singkat menyingkat untuk lebih mudah mengingat pelajaran. Gunakanlah kata singkatan dengan bahasa yng mudah kalian ingat walau bahasa tersebut hanya kalian sendiri yang tahu. Toh memang kalian gunakan untuk konsumsi pribadi bukan? Semisl kalian dapat menggunakan nama benda atau kata sehari-hari. Contonya SIM untuk menyingkat kata “sisi miring”. Nah, metode ini dapat kalian kembangkan sendiri sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

Cari suasana rileks – Suasana yang rileks akan membuat kondisi otak dan fikiran kalian lebih santai dan tanpa tekanan. Gal tersebut akan membuat otak kalian lebih mudah dalam menerima tiap ilmu dan pelajaran yang masuk. Berbeda jika kalian belajar dalam keadaan yang semrawut, emosi, dan terpaksa. Segigih apapun kalian belajar, hasil yang alian dapat tentu akan kurang maksimal. Oleh karena itu, rileksasi juga dapat kamu jadikan metode dalam beljar. Contohnya kamu bisa mencoba untuk menarik nafas dalam dari hidung, dan membuangnya perlahan lewat mulut. Lakukan selama beberapa kali. Hal tersebut akan dapat membuat kondisi kalian lebih rileks dan santai. Dan setelah semau rileks, santai, dan perasaan tenag, maka kamu siap untuk belajar.

Nah, itulah beberapa tips Cara Belajar Cepat dan Efektif yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga tips ini dapat berguna, terutama untuk kalangan pelajar.

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker