Karya Ilmiah

Mahasarjana Klasik dari Sulawesi

Sarjana berasal dari bahasa Sanskerta, dan dalam bahasa Inggris: Bachelor sarjana adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan sarjana (S-1). Untuk mendapatkan gelar sarjana. Secara normatif dibutuhkan waktu selama 4 (empat) sampai 6 (enam) tahun, tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam 2 (dua) tahun ataupun lebih dari 6 (enam) tahun. Hal ini tergantung dari kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperolah gelar sarjana dinamakan dengan skripsi.

Karaeng Pattialang mempunyai nama legkap I Mangagacinna Dg.Sitaba.Anak raja tallo pertama Dg.Mayonri bergelar Sultan Abdullah Awwalul Islam.Karaeng Pattialloang tidak pernah bersekolah formal, karena pada zamannya belum ada sekolah di Makassar.Namun Beliau di gelar mahasarjana tanpa gelar dan title Doktor. VOC pernah menganugrahinya perhargaan tertinggi berupa bola dunia ( globe ) dengan ukiran syair seorang pujangga Belanda Joost Van den Vondel, Karena minat dan perhatiaanya yang sangat besar terhadap sains dan teknologi.

 

Dia memiliki perpustakaan lengkap tentang beragam jenis buku mulai dari agama,peta sampai buku teknik.Keunikan tokoh ini menjadi langka saat itu khusus nya di Negri Bugis-Makassar yang belum tersentuh Renaissans Eropa.

 

Raja Inggris 1952 menghadiakan kepadanya Galilean Prospective Glass, teleskop besar ciptaan astronom Galileo.Beliau meninggal 15 September 1654

Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker