Opini PelajarTips Pelajar

Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin

Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin – Shalat adalah hal yang di lakukan orang islam sebagai cara beribadah. Sebagai orang islam, shalat 5 waktu adalah hal wajib yang harus di lakukan untuk membuktikan ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah dzat pencipta seluruh alam. Tapi kebanyakan orang akan mengaku bahwa shalat itu adalah hal yang berat. Membagi waktu dan menyempatkan diri beberapa menit untuk meakukan shalat 5 waktu tiap hari tanpa adanya bolong-bolong adalah hal yang sulit. Bahkan beberapa orang islam juga akan mengatakan hal yang sama. Tapi sebenarnya kata-kata mereka menunjukan watak asli mereka. Mereka tak mengerti arti dari kata syukur, dan makna dari kata ikhlas. Karena sifat malas menunjukan seberapa dangkal iman yang ada di dada mereka.

disiplin dengan shalat
membangun kedisiplinan lewat shalatshalat

Shalat adalah kewajiban yang harus tetap di jalankan. Bahkan dalam keadaan apapun. Baik dalam keadaan kerja, sakit, atau bahkan perang sekalipun. Dalam islam, orang tua di anjurkan mengajari anak mereka untuk melakukan shalat sejak usia dini. Semakin dini semakin baik. Kelak jika sudah berumur 7 tahun, maka orang tua di anjurkan untuk melakukan shalat secara rutin pada anak. Tapi jika anak masih sedikit bandel dan kadang menolak, maka orang tua tak boleh memukul atau membentak. Tapi jika sudah umur 9 tahun, maka orang harus secara tegas mengingatkan mereka untuk menjalankan shalat secara rutin. Karena usia 9 tahun adalah usia dimana masa akil baligh mungkin terjadi. Sedangkan shalat sendiri hukumnya wajib bagi orang islam yang telah menginjak akil baligh. Karena di masa itu, mereka telah menanggung tiap dosa dan pahala dari perbuatan mereka sendiri.

Melihat betapa tegasnya islam dalam mengajarkan pentingnya mengerjakan shalat bahkan untuk anak-anak sekalipun, dapat kita petik begitu banyak manfaat dan hikmah yang cukup besar terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah kedisiplian. Bagi seorang pelajar yang telah di didik oleh orang tuanya untuk rutin mengerjakan shalat, memiliki pribagi tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi dari pada mereka yang tidak. Dalam kata lain, shalat membentuk pelajar berdisiplin. Karena mereka memiliki pribadi yang telah terbentuk untuk selalu disiplin dan menghargai waktu. Mereka secara otomatis akan tahu cara membagi waktu. Mana waktu untuk bermain, belajar, dan waktu untuk beribadah kepada Tuhan yang mereka yakini. Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin, dapat kita buktikan secara nyata. Rata-rata pelajar yang sadar untuk selalu menjaga shalatnya, akan lebih bisa membagi waktu dan memiliki kepribadian yang lebih baik. Hal tersebut di karenakan shalat juga dapat mencegah seseorang dari perbuatan yang munkar.

Orang yang rajin melakukan shalat akan memiliki kegidupan, fikiran, dan hati yang lebih tenang. Hal tersebut tak dapat lepas dari cara kehidupan mereka yang selalu seimbang. Baik seimbang dalam membagi waktu untuk urusan duniawi, dan juga membagi waktu untuk beribadah pada Tuhan Yang Maha Esa demi kepentingan akhirat. Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin jika dapat di terapkam oleh para pelajar, niscaya mereka akan terbentuk menjadi pelajar yang disiplin, beradab, dan memiliki budipekerti yang luhur. Sehingga mereka akan secara otomatis sadar untuk menjauhi hal-hal yang memiliki dampak negatif.

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker