Karya Ilmiah

Masih Layak kah Fokker 27

Fokker 27 adalah pesawat TNI Angkatan Udara yang di mulai produksi 1950-an pesawat pabrikan negeri Kincir Angin atau Belanda ini didirikan oleh anthoni Fokker tahun1912.

 

Fokker 27 atau disingkat F27 adalah pesawat yang bermesin turboprop,pertama kali mengudara tahun 1955.Pesawat fokker 27 ini adalah pesawat tuboprop paling laris di dunia dengan jumlah produksi 800 juta unit dalamrentang 1958 sampai 1986,Pesawat pabrikan belanda ini juga di produksi untuk komersil seperti untuk maskapai aer ingus yang di prduksi tahun 1958 .

 

Jatuhnya pesawat fokker 27 milik TNI AU Kamis (21/6/2012) sore di kompleks rajawali halim perdana kusuma-Jakarta Timur bukanlah kali pertama,tapi sudah ke sekian kali nya.Pesawat yang ini Merenggut Seleruh Nyawa 7 Awak nya yang terdiri oleh:

Mayor Penerbang Heri Setiawan,Letnan Satu Penerbang Syahroni,Kapten Teknik Agus SW,Sersan Mayor Sihmulato,Sersan Kepala Wahyudi,Sersan Satu Purwo

 

Pesawat Fokker yang Jatuh

Pesawat Fokker F-27 yang jatuh  pukul 14.45 WIB, yang saat melakukan persiapan untuk mendarat di landasan pacu 180 Pangkalan Udara Utama Halim Perdanakusuma.

Pesawat fokker 27 inijatuh  menimpa delapan rumah di kompleks perumahan tentara Rajawali, Jalan Branjangan, Halim Perdanakusuma, yang menyebabkan 10 orang meninggal dunia.

Kesepuluh korban kecelakaan pesawat tersebut terdiri atas tujuh penumpang pesawat, serta dua anak dan seorang pembantu rumah Mayor Johanes Andi Sosang, yang rumahnya tertimpa pesawat

 

pada 2009 lalu, Fokker 27  juga milik TNI AU jatuh di Bandara Hussein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, merenggut nyawa 24 penumpang.

 

TNI AU  mulai mengoperasikan F27 itu tahun 1976 melalui Skuadron 2 Wing Operasi 001 Lanud Halim Perdanakusuma.

 

Fokker sebenarnya sudah bangkrut sejak tahun 1996 kemudian diambil alih oleh Stork Aerospace Group. Tahun 2009, Stork Aerospace Group berubah nama menjadi Fokker Aerospace Group, dan tahun 2011 kembali berganti nama menjadi Fokker Technologies.

 

Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker