Profil

Soeharto

Pada tanggal 22 Februari 1967, Presiden Indonesia Soekarno menyerahkan semua otoritas eksekutif untuk diktator militer Jenderal Haji Muhammad Soeharto. Pada tahun 1965, Soeharto, seorang perwira senior angkatan darat, nyaris disimpan Soekarno dari kudeta komunis. Setelah kejadian itu, ia pindah untuk menggantikan Sukarno dan meluncurkan pembersihan komunis Indonesia yang mengakibatkan ribuan kematian. Pada tahun 1967, dia meraih kekuasaan penuh dan pada tahun 1968 terpilih sebagai presiden.

 

Terpilih kembali setiap lima tahun sampai pengunduran dirinya paksa di tahun 1998, Soeharto stabil bangsanya dan mengawasi kemajuan ekonomi yang signifikan. Namun, ia dikritik karena aturan represif dan untuk 1975 invasi Indonesia ke Timor Timur, yang meninggalkan Timor 100.000 diperkirakan mati akibat kelaparan, penyakit peperangan, dan. Hari ini, Soeharto telah tiada ,Tapi Nama Besarnya akan terus di kenang karena jasa-jasanya dalam membangun Indonesia.

 

Tiga puluh tahun memimpin negeri ini Soeharto jatuh sesudah reli unjuk rasa mahasiswa dan kelompok pro demokrasi. Sejumlah kalangan menuduhnya terlibat pelanggaran HAM, dari peristiwa 1965 hingga kasus Aceh. Ia juga dirundung tuduhan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

 

Karikatur Pak Harto dan SBY

Sempat dijadikan tersangka dalam kasus KKN. Kasus itu kemudian dipendam oleh kejaksaan hingga Soeharto wafat.

Sepuluh tahun sesudah kejatuhannya, polemik tentang Soeharto terus menyala. Banyak yang mendukungnya menjadi pahlawan, banyak pula yang menentang keras. Ais Ananta Said adalah anak sulung Ali Said, SH, Jaksa Agung di masa Soeharto berkuasa mendukung penuh Soeharto menjadi pahlawan. Jasa mantan presiden itu, katanya, terlalu banyak untuk diabaikan dari gelar pahlawan.

Sejumlah anak tokoh Partai Komunis Indonesia dan korban pelanggaran HAM menolak keras.

 

Jika kita belum dapat berbuat apa apa untuk orang banyak lebih baik tidak usah menghujat… berkacalah pada wajah sendiri… tidak ada manusia yang sempurna diatas dunia ini.. ingat, ukur bayang bayang sepanjang badan…

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker