HOME
Home » Karya Ilmiah » Tech in Asia Jakarta 2015

Tech in Asia Jakarta 2015

Posted at November 27th, 2015 | Categorised in Karya Ilmiah

Tech in Asia adalah Komunitas Online pelaku startup di Asia. Tahun ini kembali Tech in Asia (TIA) mengadakan event rutin yaitu International Conference di 3 Negara Singapura, Indonesia (Jakarta), Jepang (Tokyo).

Tech in Asia Jakarta 2015 diadakan di Balai Kartini 11-12 November 2015, Panitia TIA menyediakan 50 Tiket Gratis untuk Mahasiswa Sistem Informasi dan 30 untuk Jurusan lain di Telkom University. Sesuai pesan “Manual Guide for Student” yang dikirim panitia TIA ke masing-masing peserta TIA JKT 2015,bahwa untuk Campus Visit (Student Stage) setiap kampus memiliki kesempatan mengikuti Tech in Asia selama satu hari dan Mahasiswa Telkom University Bersama beberapa Kampus lain seperti UI, ITB, BINUS, BAKRIE, GUNADARMA, UNIKOM, UMN, AL Azhar mendapatkan kesempatan mengikuti TIA 11 November 2015.  Selain jadwal pada “Manual Guide” juga di informasikan untuk membawa almamater, tiket (versi print) serta berkumpul 08.00 di depan Gedung Learning Center (khusus Mahasiswa Telkom).

TIA2015

Rabu 11 November saya bersama beberapa teman sekelas (SI-38-04) berkumpul di depan Gedung LC 06.30 WIB sesuai Info yang di berikan HMSI.Tepat beberapa menit sebelum jam 08.00 WIB bus yang disediakan pihak panitia TIA JKT 2015 datang untuk menjemput kami. Sebelum menaiki bus kami terlebih dahulu di absen dan di data oleh kord rombongan mahasiswa Telkom University, setelah di absen kemudian kami di bagikan sarapan “HOKBEN” yang juga di sediakan oleh panitia.

Kami berangkat dari bandung sekitar pukul 08.30 lebih menuju ke Venue Tech in Asia di Jakarta, Rombongan kami pun di tiba di Balai Kartini sekitar pukul 12.30. Kami Langsung di sambut oleh Volunteer TIA yang mengantarkan rombongan menuju meja registrasi “Student Stage” dan memverifikasi tiket dan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), Setelah registrasi setiap peserta di berikan ID Card dan SWAG Tech in Asia kemudian diarahkan untuk memasuki Student Area.

Suasana Student Stage Tech in Asia 2015

Suasana Student Stage Tech in Asia 2015

Dalam Agenda pada Student Guide Book yang di bagikan terdapat 5 Agenda yang akan kita ikuti yaitu:

  • Agenda 1 :          12.45-13.00 WIB——Activity: “Student Stage Opening”
  • Agenda 2 :          13.00-14.00 WIB——Activity: Seminar 1 “Can Universities help student become     founders?”
  • Agenda 3 :          14.00-15.00 WIB——Activity : Seminar 2 “First Job : Startup or Corporate”
  • Agenda 4 :          15.00-17.00 WIB——Activity : Networking Session “Student may look around         Bootsrap Alley and networking there, or join other stage such as Main Stage, Developer Stage, Marketing Stage, Mobile Stage, and FinTech Stage.
  • Agenda 5 :          17.15-17.30 WIB——Activity : Closing

Pada Agenda Seminar 1 “Can Universities help student become founders?” yang dihadirkan sebagai narasumber adalah Bapak Karya Hutomo, Head of Binus Incubator dan Bapak Tony Antonio, Rector Ciputra University. Sesuai dengan Judul Seminar Bapak Karya Hutomo dan Tony Antonio yang di panel menjelaskan bahwa ada 6 Juta Mahasiswa di Indonesia, Sedangkan setiap tahunnya hanya 1 juta mahasiswa yang terserap dalam dunia kerja. Maka dari itu Universitas harus mampu menciptakan lulusan yang bias membuat lapangan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain (Tony Antonio). Sedangkan paparan dari Bpk Karya bahwa dalam penerapan sebenarnya dirinya mensinkronkan materi kuliah dengan kebutuhan industry saat ini dengan mensiasati peraturan DIKTI yang masih terkesan kaku. Pada Seminar ini jug mahasiswa harus mampu mengubah mindset menjadi seorang entrepreneur dan menciptakan produk yang mampu bersaing dalam menghadapi MEA.

Seminar 2 yang bertema “First Job : Startup or Corporate”, spekears Tesong kim (Founder & CEO VIP Plaza), dan Faustine Tan (Co-Founder and Indonesia Malaysia ‘s Managing Director of Hotel Quickly). Pada Sesi ini Tesong Kim yang dulunya adalah manajer Rakuten untuk Indonesia pada tahun 2010, dan juga sebagai fashion division rakuten japan. Menjelaskan pengalamannya sebelum Mendirikan VIP Plaza, dia berbagi bahwa bekerja lah terlebih dahulu pada perusahaan dan belajarlah terlebih dahulu, intinya dia menyarankan untuk bekerja pada perusahaan sebelum mendirikan sebuah Startup. Hal serupa juga di nyatakan oleh Faustine Tin yang memulai karir nya dari jurnalis hingga menjadi seorang executive di HotelQuickly, dia banyak berpindah-pindah perusahaan sebelum bergabung pada perusahaan yang kini dia pimpin di Indonesia dan Malaysia.

bareng wisnu

Kemudian setelah mengikuti 2 rangkaian seminar, kami bersama beberapa kampus lain mengadakan Networking dan Visit Bootsrap Alley, Total ada 116 Booth pada Tech in Asia ini. Bukan hanya startup dari dalam negri tapi banyak juga dari negara lain. Kami banyak di jelaskan tentang bagaimana aplikasi/produk dari masing-masing startup yang hadir pada acara Tech in Asia. Kami banyak belajar dari developer, internet marketing yang hadir di tempat itu. Setiap booth memiliki ke unikan dan kelebihan tersendiri, berhubung waktu yang sangat singkat kamipun kembali ke student stage untuk mengikuti “closing” pada saat itu ada beberapa mahasiswa Telkom yang diberikan Buku StartupPedia dari lomba Foto Tweet.

Setelah Prosesi Closing, Setiap rombongan di berikan waktu foto bersama di panggung Tech in Asia.Telkom University mendapat kesempatan pertama. Selesailah rangkaian TIA Campus Visit Kloter #1.Kami pun kembali ke bus dan bergegas kembali ke kota bandung, tepat pukul 11.30 Kami tiba dengan selamat di Kampus Telkom University.

Terima Kasih kepada pihak Tech In Asia yang memberikan kesempatan kepada kami mengikuti acara se-keren ini, terima kasih akomodasi, makan dan tiket gratis (seharusnya $100). Juga Kepada pihak Kampus terkhusus Jurusan Sistem Informasi dan HMSI yang telah memfasilitasi kami dengan TIA.

 

jadi kenapa tidak dari sekarang membangun StartUP?

#SHSD #halan2seru

 

Facebook Comments
Tags :

No comment for Tech in Asia Jakarta 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Tech in Asia Jakarta 2015

olimpiade biologi

Tips Menghadapi Olimpiade Biologi SMA

Posted at January 16, 2014

Tips Menghadapi Olimpiade Biologi SMA – olimpiade adalah sebuah ajang perlombaan di mana para peserta beradu prestasi. Maka untuk kali ini saya kan coba... Read More

Soal CPNS Online Terbaru dan Lengkap

Posted at October 27, 2013

Pengangguran di Indonesia Makin hari makin bertambah dan Lowongan Pekerjaan makin hari makin berkurang akibatnya LOKER atau lowongan Pekerjaan menjadi Eksklusif dan bahkan sering... Read More

Contoh Kegunaan dan Prosedur Makalah

Contoh Kegunaan dan Prosedur Makalah

Posted at June 11, 2013

Makalah adalah karya ilmiah yang tak lepas dari kehidupan para pelajar dan pembelajar, makalah sering di berikan oleh guru di sekolah maupun dosen di... Read More

Contoh Rumusan Masalah dan Tujuan Makalah

Contoh Rumusan Masalah dan Tujuan Makalah

Posted at June 11, 2013

Sebelum Menyusun Makalah kita harus terlebih dahulu menentukan Rumusan Masalah yang akan di bahas dan teliti pada makalah itu dan juga merupakan rangkain dari... Read More

Contoh Latar Belakang Masalah Makalah

Posted at June 11, 2013

Dalam Penyusunan Makalah yang pertama dalam sistematisnya memberikan latar belakang sebagai landasan dari di buatnya atau di susunnya makalah tersebut,Latar Belakang Masalah Makalah terdiri... Read More