HOME
Home » Tips Pelajar » Tips Belajar efektif dan Mudah Faham

Tips Belajar efektif dan Mudah Faham

Posted at January 30th, 2014 | Categorised in Tips Pelajar

Tips Belajar efektif dan Mudah Faham – Dalam belajar, kita di pengaruhi banyak faktor untuk dapat menyerap palajaran secara sempurna. Pemahaman yang mendalam, akan menjadi tolak ukur dari ilmu yang kita peroleh. Jika kita hanya faham setengah-setengah, maka ilmu yang kita peroleh juga setengah-setengah. Apalagi jika tak faham sama sekali, maka ilmu yang kita dapat adalah nol besar. Alias tidak mendapat apa-apa kecuali hanya rasa capek dan membuang-buang biaya orang tua. Padahal seorang orang tua sudah sangat bersusah payah demi memberi pendidikan yang layak bagi anak-anaknya. Berharap agar anak tersebut memiliki masa depan yang lebih baik dan berguna bagi orang tua serta bangsa. Orang tua tidak pernah meminta agar anak mengembalikan semua biaya yang mereka keluarkan sebagai ganti pendidikan yang telah berusaha mereka berikan. Bahkan orang tua sudah cukup senang dan bangga ketika seorang anak memiliki sebuah prestasi. Walaupun orang tua tak ikut medapat penghargaan dari prestasi itu, tapi rasa bangga dan bahagia yang mereka rasakan sangat melebihi dari tiap tetes keringat yang mereka kucurkan. Karena mereka bahagia,mereka sangat bangga, bahwa kerja keras mereka tak sia-sia. Hanya itu saja yang mereka dapat. Tak kurang, dan tak lebih. Tapi pernahkah seorang anak berfikir sampai hal itu? Saya rasa hanya sebagian kecil saja yang memiliki fikiran yang “jalan” seperti itu.

 

tips belajar

tips belajar

Untuk menjawab harapan dari orang tua tersebut, maka di sini saya kan coba berbagi tentang Tips Belajar efektif dan Mudah Faham. Saya berharap dengan tips ini, seorang anak akan tergugah semangatnya untuk belajar. Karena ketika kita tak faham akan sesuatu padahal kita sudah berusaha untuk blajar sungguh-sungguh, maka yang timbul adalah rasa frustasi dan menjadi malas untuk belajar. Lalu, apakah tips itu? Maka silahkan simak baik-baik Tips Belajar efektif dan Mudah Faham di bawah ini.

Berusaha hilangkan rasa malas – ini adalah kunci pertama. Biasanya jika kita tak terbiasa belajar, maka kita akan malas untuk belajar atau sekedar menengok buku pelajaran. Maka belajarlah untuk melawan rasa malas itu. Begitu kalian sudah terbiasa, maka rasa malas akan hilang berubah menjadi hal yang biasa.

Pilih tempat favorit – tips ini juga dapat sangat membantu. Belajar di tempat yang kamu sukai akan membuat perasaanmu menjadi sangat nyaman. Karena rasa malas dan tertekan karena pelajaran, dapat tertambal oleh rasa bahagia yang kamu rasakan. Karena suasana tempat juga dapat mempengaruhi mod seseorang. Jika fikiran kamu rileks, niscaya kamu dapat belajar dengan santai dan mudah memahami segala hal.

Jangan belajar hanya dalam keadaan terdesak – biasanya hal ini akan di lakukan oleh sebagian siswa di masa ujian. Mereka akan memaksa untuk belajar banyak teori dan materi yang sebelumnya mereka acuhkan. Dengan harapan mereka dapat menghadapi ujian dengan nilai bagus. Ini cara yang salah. Karena tiap pelajaran yang di pelajari dalam posisi fikiran tertekan, akan sulit untuk di simpan di dalam memori otak. Karena belajar membutuhkan persiapan fikiran yang santai dan rileks. Karena nanti akan di geber dengan semua pemahaman dan pemikiran yang akan membuat otak tersebut bekerja keras. Jadi otak butuh sedikit waktu istirahat dan persiapan sebelum bekerja. Kalau belum bekerja saja otak sudah panas, apa lagi kalo sudah bekerja. Bisa-bisa otak menjadi over load.

Belajar sambil diskusi – berdiskusi adalah cara belajar yang paling efektif. Karena diskusi merangkum pemahaman tiap masing-masing orang. Maka dengan berdiskusi kalian akan dapat menilai dan menjajaki apakah pemahaman kalian sudah benar atau belum. Jika belum benar, maka pendapat orang lain dapat menjadi jalan lain untuk membantumu mencari jalan pemahaman dengan cara mu.
Jangan Cuma menghafal – jangan Cuma mengandalkan pelajaran hanya dari menghafal. Karena jika Cuma menghafal maka ilmu yang kamu dapat kurang bisa berkembang. Berusahalah untuk memahaminya. Metode menghafal memang baik, tapi jika tanpa di landasi pemahaman, maka hanya akan menjadi sia-sia. Ibarat cangkang tanpa ada isinya.

Berdo’a – ini adalah hal wajib. Karena segala sesuatu memang boleh di usahakan oleh manusia. Tapi berhasil dan tidaknya, itu hanya Tuhan yang dapat menentukan. Maka jangan pernah lupa berdo’a sebelum dan setelah belajar. Nah, cukup ini saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga berguna dan bermanfa’at.

Facebook Comments

No comment for Tips Belajar efektif dan Mudah Faham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Tips Belajar efektif dan Mudah Faham

Hape 4G cocok untuk pelajar

Posted at April 17, 2016

Pesatnya perkembangan teknologi komputer yang saat ini makin bergeser ke dalam pengembangan mobile dalam hal hardware, software dan konektivitas. LTE/4G adalah generasi keempat teknologi... Read More

Aplikasi Android Pemeriksa LJK Ujian

Posted at October 30, 2015

Ujian atau Ulangan adalah salah satu metode paling umum yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman dan penguasaan siswa/pelajar terhadap... Read More

Microsoft Dreamspark Telkom University

Posted at September 26, 2015

Dreamspark adalah Program dukungan Microsoft untuk bidang Pendidikan, Microsoft Dreamspark merupakan dukungan teknis berupa pemberian akses software-software secara gratis untuk stakholder/civitas Institusi yang bertujuan untuk... Read More

Tips Mencegah Pacaran Selagi Masih Berstatus Pelajar?

Posted at March 14, 2015

Manusia tak bisa dipisahkan dengan cinta. Cinta adalah fitrah kemanusiaan, bahkan kehadiran manusia di dunia ini juga karena cinta. “Dijadikan indah pada pandangan manusia... Read More

disiplin dengan shalat

Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin

Posted at February 1, 2014

Manfaat shalat membentuk pelajar berdisiplin – Shalat adalah hal yang di lakukan orang islam sebagai cara beribadah. Sebagai orang islam, shalat 5 waktu adalah... Read More