Tips Pelajar

Tips Mencegah Pacaran Selagi Masih Berstatus Pelajar?

Manusia tak bisa dipisahkan dengan cinta. Cinta adalah fitrah kemanusiaan, bahkan kehadiran manusia di dunia ini juga karena cinta. “Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada wanita, anak-anak harta yang melimpah dari jenis emas dan perak, kuda yang bagus, binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan disisi Allah lah sebaik-baiknya tempat kembali”. Demikian firman Allah swt pada surah Ali Imran ayat 14.

Dari ayat tadi, jelas bahwa cinta mrupakan fitrah manusia dan merupakan karunia dari Allah yg wajib kita syukuri. Namun demikian, kehadiran cinta dalam diri manusia, janganlah sampai disalahgunakan. Seperti menyalurkannya pada hal yang tidak benar. Dan salah satu jalan yang paling ngetrend menyalurkan perasaan cinta sesama lawan jenis adalah dengan pacaran.

Penulis beranggapan, pacaran lebih banyak memiliki nilai negatif dibanding positifnya. Rasa mencinta bisa disalurkan dengan benar setelah menikah. Bukan malah menghamburkannya sebelum menikah, apalagi masih berstatus sebagai pelajar.

Arus kehidupan yang semakin liberal memaksa kita memikirkan bagaimana mencegah pacaran selagi masih berstatus pelajar? Karena tak bisa dipungkiri, pacaran selagi masih berstatus pelajar memiliki dampak negatif yang sangat luas terutama, fokus yang berkurang saat belajar. Belum lagi bahaya hubungan sesama lawan jenis yang sulit dibendung.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam rangka mengatasi pacaran selagi masih berstatus pelajar:

Pertama, perkuat akidah anak dengan mengajak berpikir tentang kehidupan. Para pelajar, sebaiknya digiring lebih banyak mendengarkan tausiah. Memahami tujuan Allah menciptakan manusia, karakteristik manusia, cara pemenuhan kebutuhan potensi hidup manusia menurut islam serta akibat pemenuhan yang tidak sesuai dengan aturan Allah.

Cara ini akan efektif, jika pelajar dilibatkan langsung dengan melaksanakannya di rumah ibadah.para pelajar bisa merasakan suasana ketakwaan pada rumah ibadah yang kuat. Dengan begitu, hal negatif akan mudah dijauhi.

Gaya Pelajar yang Tidak Layak Dicontoh
Gaya Pelajar yang Tidak Layak Dicontoh

Kedua, mengajak pelajar berpikir akan masa depannya, cita-citanya, serta membuat step langkah untuk mencapai cita-cita tersebut. Dalam penjabarannya, diberikan pemahaman, bahwa salah satu hal yang menjadi penghalang besar adalah pacaran.

Ketiga, menumbuhkan jiwa kepemimpinan pelajar dengan mengajak mereka aktif berorganisasi. Banyak kegiatan organisasi di sekolah maupun di luar sekolah. Semakin banyak kegiatan, maka pelajar akan mudah melupakan hal yang tidak terkait dengan kegiatan itu, seperti pacaran.

Demikian, cara mencegah pacaran selagi masih berstatus pelajar. Semoga bermanfaat

Tags
Show More

Andi Agus

I am Blogger Nusantara

Related Articles

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker